Tuesday, 18 April 2017

GUBERNUR ZOLA PERKUAT PEMBANGUNAN DARI DESA



Kerinci.Lacak News– Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli, S.TP, MA menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya memperkuat pembangunan dari desa, memperkuat pembangunan dari bawah, dengan memadukan bercocok tanam, memelihara ikan, beternak, menanam kopi, wisata desa, dan kegiatan keagamaan.
Hal ini disampaikan pada acara Balek Dusun Bangun Desa, yang bertempat di Desa Pendung Talang Genting (Pentagen) Kecamatan Danau Kerinci Kabupaten Kerinci, Senin (17/04/2017) Sore.

Zola menjelaskan, acara balek dusun bangun desa ini adalah bagian dari program Desa TUNTAS (Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera).
“Kita ingin memperkuat pembangunan dari tingkat desa, dengan melihat potensi desa yang ada yang merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jambi,”
          
Gubernur Zola menyampaikan, kebijakan kebijakan yang diberikan pemerintah oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, memberikan kesempatan untuk masyarakat ditingkat desa agar lebih maju lagi.
Dana yang telah diberikan pemerintah dalam bentuk dana desa dan anggaran dasar desa yang telah dipercayakan kepada kepala desa, untuk digunakan demi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat.
        
“Masyarakat memiliki peran sangat penting untuk memonitor dana yang telah diberikan kepada desa, apakah dana yang diberikan benar-benar digunakan bagi kesejahteraan masyarakat. Saya berpesan kepada kepala desa agar dana ini digunakan untuk memajukan desa,” ujar Zola.
        
Gubernur Zola mengatakan, acara Balek Dusun Bangun Desa ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat yang tinggal didesa dan perlu adanya bimbingan dari bupati untuk memberitahu peran dan fungsi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bagi masyarakat desa.
        
“Potensi yang dimiliki Kerinci ini ada pada sektor pertanian dan pariwisata, contoh dari sektor pertanian  adalah kayu manis yang memiliki kualitas terbaik didunia, begitu pula dengan kualitas teh Kayu Aro dan Beras Payo Kerinci lempur,” ungkap Zola.
        
Gubernur Zola mengharapkan agar Badan Urusan Logistik (Bulog) dapat menampung hasil panen dari masyarakat dengan harga yang stabil, karena selama ini masyarakat bingung untuk menyalurkan hasil panen yang berlimpah dan harganya rendah.
        
Lebih lanjut, Gubernur Zola menjelaskan, potensi dari sektor wisata ada di Kerinci sudah dikenal oleh masyarakat luas, seperti Gunung Kerinci, Danau Kerinci dan Danau Kaco yang bisa dikembangkan lebih baik lagi.

“Kita bisa lihat bersama sama pemandangan alam desa ini sangat menarik, tapi itu tidak cukup untuk menjadikan desa ini sebagai desa wisata, harus ada fasilitas pendukung lainnya seperti bisa dibangun flying fox dan tempat outbond,” kata Zola. (Ori)



Share:

1 comments:

KPU KOTA SUNGAIPENUH

KPU KOTA SUNGAIPENUH

Blog Archive

Support

iklan banner iklan banner