Tuesday, 18 April 2017

H. Candra Purnama sosok sederhana dari keturunan berdarah biru


Kerinci.Lacak News - Insya Allah salah seorang putra terbaik alam Kerinci H. Chandra Purnama, SH., MH  yang akrap di panggil Wo Pur digadang-gadang akan di usung  menjadi calon Bupati Kerinci Tahun 2018 yang akan datang. Wo Pur adalah Putra  Bapak  Drs. H. Ahmad Daud mantan  Bupati Kerinci era tahun 1970 an.

Bagi masyarakat Kabupaten Kerinci sosok Wo Pur merupakan salah satu figur tokoh masyarakat di alam Kerinci, saat menjadi seorang birokrat sejumlah jabatan penting dan strategis  di Kabupaten Kerinci telah jalani, bahkan  pada awal  terbentuknya Kota Sungai penuh pada tahun 2008, Beliau dipercaya untuk memangku jabatan  sebagai Kepala Dishub Pariwisata Kominfo Kota Sungai Penuh, dan tahun berikutnya  dipercaya menjadi Kepala Dinas PPKAD Kota Sungai Penuh dan karir puncak sebagai seorang aparat birokrat  telah diraih oleh beliau hingga beliau memasuki usia pensiun.

Dikalangan masyarakat di  Kabupaten Kerinci, Wo Pur  di daulat untuk menjadi ketua Tim Badan Musyawarah pembentukan Kabupaten Kerinci Hilir yang saat ini terus bergulir.
Dikalangan aparat PNS di Lingkungan  Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Wo Pur    dikenal sebagai pribadi yang sangat jelimet dengan aturan, dan beliau dikenal sebagai tokoh yang santun dan selalu serius dalam menyikapi berbagai persoalan baik dilingkungan Pemerintahan  maupun di lingkungan masyarakat di alam Kerinci.

Di tengah tengah masyarakat, Wo Pur  dikenal sebagai  seorang pemangku adat dan termasuk salah satu dari sedikit  budayawan /tokoh adat yang  konsisten dalam  menjaga dan merawat kebudayaan suku Kerinci.

Selain itu Wo Pur  dikenal sebagai sosok pengabdi  dan penyelamat lingkungan, dan pada tahun 2005. Wo Pur  menerima penghargaan Kalpataru dari Presiden Republik Indonesia  DR.H.Susilo Bambang Yudhoyono.

Berbagai  tanda jasa dan penghargaan telah di peroleh oleh Wo Pur  diantara tanda jasa dan penghargaan itu ialah, Peserta terbaik rangking 2 pada Pendidikan dan Latihan Sekolah Pimpinan adm. Tingkat lanjutan  (Sepala) Depdagri Angkatan II Se Sumatera Barat tahun 1992, Satyalencana Karya Satya 10 Tahun dari Presiden RI tahun 1999 ditetapkan oleh Presiden RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Penerima Penghargaan Sebagai pemenang Ke-2 Kalpataru Kategori Pembinaan Lingkungan Tk. Prov. Jambi  tahun 2005 ditetapkan oleh Gubernur Jambi, Satyalencana Karya Satya 20 Tahun dari Presiden RI  tahun 2007 DR. H Susilo Bambang Yudhoyono.

Candra Purnama begitulan  namanya hanya dua suku kata tapi  terdengar indah dan berwibawa, nama pemberian  yang diberikan oleh kedua orang tuanya mengisyarakatkan sebuah kharisma dan sebuah keindahan dikala sang rembulan tengah  memancarkan cayahanya yang purnama.

Memang tak salah,  jika  ayahanda dan ibunda  beliau memberikan nama kepada putra sulungnya  Candra Purnama pria keturunan  Intelektual dan  salah seorang  tokoh adat, pewaris harta pusaka, penjaga kesejahteraan dalam masyarakat di lingkungannya dan pemegang   kedaulatan adat di kampung halamannya Desa Betung Kuning Kecamatan Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi.

Wo Pur memang seorang mantan birorakrat  dan anak seorang mantan Bupati, akan tetapi dalam kesehariannya ia selalu tampil sederhana, bahkan ketika akan  mengunjungi hutan Adat  yang jaraknya dari Dusun ke Pintu Rimba relatif jauh sekitar 5  kilo meter ia harus rela naik motor dengan membonceng sepeda motor tua, sebuah sikap yang saat ini jarang kita temui untuk seorang pejabat  atau mantan pejabat sekelas H. Chandra Purnama.

Sosok  Mantan Birokrat dan Pemerhati Budaya dan Pelestari Lingkungan ini  mengatakan” Kalaulah keberagaman budaya itu diakui, dimengerti dan di pahami, maka Primodialismes serta konflik itu tidak akan pernah terjadi, Keaneka ragaman budaya yang ada di sekitar lingkungan kita justru akan memperkokoh persatuan dan kesatuan, sebab budaya itu hakekatnya adalah silaturahim, kita sebaiknya tidak melihat perbedaan itu hanya  dari kacamata politik saja, tapi mari kita melihat keberagaman  budaya itu  sebagai  hal yang memperkaya khasanah kebudayaan kita.(Fbi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

KPU KOTA SUNGAIPENUH

KPU KOTA SUNGAIPENUH

Blog Archive

Support

iklan banner iklan banner