Sunday, 14 May 2017

Cegah Banjir, Dinas PUPR kembali turun bersihkan sungai dan tumpukan sampah



Lacaknews.net ,Jambi - Dinas PUPR Prov. Jambi bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) VI serta Dinas PU Kota jambi lakukan pembersihan tumpukan sampah di tiga lokasi berbeda kemarin(14/5) tepatnya di kawasan belakang kantor Gubernur/Danau sipin, Bagan Pete serta di pintu air Tembuku.

Gubernur Jambi H.Zumi Zola Zulkifli yang turun langsung serta didampingi Kepala Dinas PUPR Prov. Jambi Dody Irawan.

Kadis PUPR Dody irawan menginstruksikan agar Dinasnya melakukan pembersihan sampah guna mencegah terjadinya banjir serta timbulnya wabah penyakit. "Kita (Dinas PUPR Prov.Jambi beserta dinas terkait lainnya) pagi ini melakukan pembersihan sampah, dikatakannya bahwa untuk lokasi di belakang kantor Gubernur tersebut sebenarnya bukanlah tempat pembuangan sampah."kata Dody.
Disini hanya disediakan 1 buah Container TPS(Tempat Pembuangan Sementara), namun karena volume sampah yang banyak, disertai masyarakat yang membuang sampahnya bukan d Container TPS tersebut, akan tetapi malah dibuang di lahan terbuka sekitar Container TPS ini sehingga mengakibatkan daerah ini dipenuhi tumpukan sampah."tambahnya.

Menurut pantauan dilapangan pagi tadi setidaknya ada 3 dump truck serta 1 buah alat berat Backhoe Loader yg digunakan untuk membersihkan lokasi tersebut.

Tumpukan sampah ini kami angkut dan kami pindahkan ke Tempat Pembuangan Akhir(TPA) Talang Gulo, kemudian dikawasan ini belakang kantor Gubernur akan kami pasang spanduk Himbauan untuk masyarakat Agar dapat membuang sampah pada tempatnya.
Dimana kedepannya kawasan ini akan dijadikan RTH (Ruang Terbuka Hijau) bagi masyarakat" imbuhnya.

Sementara itu dilokasi lain yang tak jauh berbeda kondisinya yaitu di Bagan Pete juga dilakukan pembersihan sampah yang menumpuk hingga ke bahu jalan. "Kita lihat dilokasi ini selain kondisinya sama dengan di belakang kantor gubernur tadi, tampak ada masyarakat yang mendirikan gubuk didekat tumpukan sampah tsb. Perintah Bapak Gubernur, didaerah ini pun harus dibersihkan serta dihimbau kepada masyarakat Jambi agar sadar lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya."ujar Dody irawan yang pagi tadi tampak didampingi jajarannya.

Sedangkan untuk di pintu air Tembuku, selain sudah ada alat otomatis pengangkut sampah dari sungai keatas dumptruck, tampak 1 unit excavator dan 3 buah dumptruck dari Dinas PUPR  Prov.Jambi.

Tim dari BWS juga tampak terjun ke sungai menggunakan perahu karet mengumpulkan sampah kemudian mengangkutnya keatas truck.
"Target kami sore nanti di tiga lokasi tersebut sudah bersih dari tumpukan sampah" pungkas Bang Dody sapaan akrab Kadis PUPR.
Share:

0 comments:

Post a Comment

KPU KOTA SUNGAIPENUH

KPU KOTA SUNGAIPENUH

Blog Archive

Support

iklan banner iklan banner