Friday, 19 January 2018

Kisah Yurizal Kasat Intel Polres Kerinci Jalan Kaki 10 Km Tiap Pagi Demi Cita-cita 

AKP YURIZAL BUKHARI


Kerinci- Senyuman yang manis tampak keluar dari raut wajah Aiptu Yurizal yang menjabat sebagai Kasat Intel Polres Kerinci. Suasana ini terlihat ketika ia memasuki masa pensiun. 23 tahun sudah Yurizal menjadi mengabdi sebagai di Polri.

Menurut cerita sosok Yurizal Bukhari dilahirkan dari keluarga sederhana. Di Kecamatan Koto Baru Kota Sungai Penuh. Semasa sekolah nya Yurizal kecil tetap semangat mengenyam pendidikan nya. Meskipun ia harus berjalan kaki setiap pagi nya hingga 10 Km.

Lahir pada 11 Maret 1960 ia memiliki cerita yang cukup mengesankan. Putra kedua dari tujuh bersaudara ini memiliki prinsip hidup. Yakni melaksanakan tugas tekun, ikhlas, rangkul anggota sebagai kawan bukan sebagai bawahan, tetap peduli terhadap kepentingan dan keluhan masyarakat, serta tidak membedakan status masyarakat.

Anak dari Bukhari Imam (alm) yang merupakan pensiunan guru dan ibu bernama Dahniar (almh) hidup dalam kesederhanaan. Di masa sekolah dasar di SD Koto Baru kemudian melanjutkan di tingkat SMPN 1 Sungai Penuh lalu melanjutkan sekolah di SPMA Kerinci.

Disaat duduk di bangku SMPN bapak yang dikaruniai dua orang anak ini sempat mencicipi hidup yang pahit. Yakni ia harus turun dan membantu kedua orang tua nya. Yakni menjadi buruh di kebun orang didaerah Masgo. Tidak hanya di Masgo saja ia pun pernah menjadi buruh angkut kopi di daerah Lempur.


 Tidak tanggung tanggung sosok Yurizal setiap pergi ke sekolah SMPN 1 Sungai Penuh ia harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Yakni 10 Km. Demikian juga ia pernah berjalan kaki selama 5 tahun sewaktu sekolah SPMA.

Semangat pantang menyerah memang terlihat dari salah seorang putra terbaik di Kecamatan Koto Baru ini. Semuanya dilalui dengan penuh ketabahan.

Pada akhirnya tahun 1978 ia berhasil lulus tes Secata Wamil Polri serta mengabdi di kepolisian RI. Ia menikah dengan seorang gadis juga berasal dari keluarga sederhana. Idatri itu lah nama wanita idamannya. Mereka pun dikaruniai dua orang putra.

Yogi Setria Putra yang saat ini tercatat sebagai PNS dan bekerja di Pemerintahan Kota Sungai Penuh. Anak kedua bernama Yudha Prasatyo Kumbara yang masih tercatat sebagai mahasiswa semester akhir.

Dalam perjalanan karier di Kepolisian semua jenjang kepangkatan di lalui nya. Tanpa ada yang terlewatkan. Wamil Polri 1978 di Dodik Lat Dak Betung, Secaba REG 1988, dan Perwira 2010.
Selama di Kepolisian berbagai Pendidikan Kejuruan telah di ikutinya yaitu,   1. Jurdas Intel 1995/PUSDIK RES Intel Mega Mendung . 2. Dikbangspes Intel 2011/Soreang Bandung.

Sementara itu sepanjang karier jabatan yang telah di laluinya setelah menyelesaikan pendidikan tamtama ia di tempat tugas kan di Koresta 611 Tanjung Karang Teluk Betung Lampung. Pada tahun 1985 Yurizal di pindah tugaskan ke Polres Kerinci.

Di wilayah hukum Polres Kerinci pada tahun 1986-1988 ia bertugas di Air Hangat, Tahun 1988 - 1995 ia bertugas di Polsek Gunung Kerinci. Lalu pada 1995 - 2017 bertugas di Sat. Intel, Polres Kerinci.

Pada Oktober 2012 hingga September 2013 Yurizal dipercaya sebagai Kapolsek Gunung Kerinci. Pada puncak karier nya pada tanggal 28 September 2013 hingga Januari 2018 Yurizal di percaya sebagai Kasat Intel Polres Kerinci.

Menurut informasi nya bahwa Yurizal merupakan salah satu orang yang paling lama menjabat sebagai Kasat Intel se Polda Jambi.

Ketika dijumpai Yurizal mengaku bangga menjalankan tugasnya. Terutama di Sat. Intel selama hampir 23 tahun lamanya.

"Hanya satu ungkapan kalau kita ikhlas inshaa Allah tidak akan tersesat dan miskin informasi,"ungkap Yurizal ketika berbincang bersama kru Lacaknews.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Support

iklan banner iklan banner