Friday, 16 February 2018

Biola Usang Dari Negeri Jiran, Bawa Karya Harun Pasir Ke Tingkat Nasional



Harun Pasir "Suara Parau Manusia Kerdil Dari Pinggir Danau Kerinci"

Harun Pasir (HP) adalah seniman yang berasal dari Kerinci Jambi. Pria tua ini lahir di desa Pulautengah  tahun 1941.

Diusia nya yang sudah senja. HP mendapat puncak kejayaan nya. Tujuh Januari 2018 HP mendapat penghargaan dari gubernur Jambi Zumi Zola, sebagai BUDAYAWAN Provinsi Jambi.

Tanggal 14 Februari 2018 HP kembali di nobatkan sebagai penghasil karya seni terbaik dari Radio Andalas FM ( Pesona Award Andalas FM).

Harun Pasir mempelajari seni secara otodidak (alami). Berbekal Biola usang pemberian mamak (paman) nya, yang pulang dari Malaysia, saat HP masih duduk di bangku SMEP (Sekolah Menengah Ekonomi Pertama) setera dengan SMP sekarang.

Awalnya HP bungung bagai mana cara memainkan biola. Berkat sedikit pentunjuk dari mamak nya.Dia baru tau pungsi dari setiap petikan dan tiupan dari sebuah biola usang tersebut.

Hampir setiap ada waktu luang HP selalu ditemani biola. Dari biola itu dia bisa menciptakan karya seni musik dan tari. Dengan biola itu juga di berhasil menciptakan beberapa lagu tale Kerinci.

Karya seni HP saat ini sudah di kenal di tingkat nasional dan manca negara. Akhir 2017 karya emas HP Tari Ngagah Harimau berhasil menjadi juara dua pada pegelaran Anugerah Award Pesona Indonesia.

Walaupun dia sudah mempunyai nama besar, namun kehidupannya saat ini jauh dari kata cukup. Harun Pasir perlu dukungan dan perhatian dari seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah daerah.

Dia menceritakan sejak berkarya belum pernah mendapat perhatian pemerintah daerah tempat kelahirannya Kabupaten Kerinci.

HP justru diperhatikan oleh Gubernur. Dia berharap Pemda Kerinci untuk bisa menghargai karya - karya seni dari putra daerah. Dan mensuport para generasi muda untuk terus berkarya dalam seni.

Profil Harun Pasir Pencipta Tari Ngagah Harimau






Share:

0 comments:

Post a Comment

KPU KOTA SUNGAIPENUH

KPU KOTA SUNGAIPENUH

Blog Archive

Support

iklan banner iklan banner