Thursday, 29 March 2018

Geliat Perkumpulan Petani Kopi Alam Korintji (ALKO)





Perkumpulan Petani Kopi Alam Korintjii (ALKO) ditunjuk mewakili Kabupaten Kerinci pada Kegiatan Indonesia Archipelago Exchibilition(ARCHEX) 2018 yang akan di laksanakan pada tanggal 2 sampai 5 April 2018 di Negeri Jiran Kuala Lumpur Malaysia.

Dataran tinggi Kabupaten Kerinci sudah terkenal dengan tanah vulkanis yang subur, dikawasan ini terdapat perkebunan teh terbaik di Indonesia, masyarakatnya terkenal rajin dan tekun bercocoktanam,  sebagian besar masyarakatnya terlibat dalam perkebunan Kulitmanis, KopiArabika, Kopi Robusta dan tanaman hortikultura.

Dari sudut pandang agroklimat, kesesuaian lahan dan aspek sosial masyarakat menunjukkan bahwa sektor tanaman pangan, perkebunan dan industri kecil merupakan prioritas yang layak dikembangkan dalam upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi rumah tangga petani.

Perkumpulan Kopi Alam Korintji (ALKO) melaksanakan program pertanian berkelanjutan dengan intervesi pengembangan wirausaha dan industri kecil (agribisnis) untuk petani dan UMKM yang ada di pedesaan. Dalam pengembangan wirausaha dan industri kecil, fokus utama adalah pemberian nilai tambah kepada petani dengan melibatkan mereka ke dalam proses rantai pasokan dari hulu sampai hilir dan pemasaran. Proses pengembangan terintegrasi ini dimulai dengan perbaikan proses pengolahan lahan pertanian, pembibitan, manajemen paska panen, produksi turunan, pemasaran dan distribusi.

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia melalui surat Nomor 80/PMD.01.05/III/2018 tanggal 21 Maret 2018, tentang Pemberitahuan calon peserta ARCHEX 2018, dimana ALKO termasuk calon peserta ARCHEX 2018. Menanggapi surat tersebut Suryono selaku ketua ALKO melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci, hasilnya adalah Kepala Dinas Pembanguan Masyarakat Desa dan Bupati Kerinci sangat mendukung dan mengapresiasi serta memberi dukungan kepada ALKO agar bisa terpilih mewakili Kabupaten Kerinci pada acara ARCHEX 2018 di Kuala Lumpur Malaysia.

Nyatanya ALKO lulus dan ditunjuk mewakili Kabupaten Kerinci, pada kegiatan Indonesia Archipelago Exchibilition(ARCHEX) 2018 yang akan di laksanakan pada tanggal 2 sampai 5 April 2018 di Negeri Jiran Kuala Lumpur Malaysia.

Kepada Media (LACAKNEWS), Suryono selaku ketua ALKO menyampaikan pada saat kunjungan wartawan (LACAKNEWS)  ke sekretariat ALKO di Jalan Sungai Sikai No. 15 RT 03 Sungai Sikai Kecamatan Gunung Tujuh  Kabupaten Kerinci, bahwa; Dirinya merasa sangat senang dengan berita yang diterimanya ALKO sebagai salah satu peserta ARCHEX 2018 di Kuala Lumpur Malaysia.

Suryono merasa bersyukur kepada Allah SWT, bahwa ALKO  yang dibangun dengan prinsip untuk kemajuan bersama mendapat perhatian dari pemerintah Pusat, Suryono juga menyampaikan ini semua berkat kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci, Lembaga Advokasi Hak Rakyat dan didukungan WWF Indonesia serta MCA Indonesia, yang telah mendaftarkan kegiatan ALKO ke Kementerian Pembangunan Desa teringgal, semoga keberangkatan ini dapat mempromosikan Komoditi Kerinci, Produk unggulan Desa, Produk UMKM dan Produk BUMDES lainnya, serta membawa nama baik Kabupaten Kerinci dan Indonesia di kancah International, katanya.

Ditambahkannya, bukan hanya dari kabupaten Kerinci saja yang di berangkatkan untuk mengikuti iven ARCHEX 2018 ini, akan tetapi Kabupaten lain dari Sabang smapai Mearuke juga ikut mempromosikan hasil PETANI, UMKM dan BUMDES, dengan harapan kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci, mohon agar turut membantu dan mendukung pelaku usaha yang mempunyai produk unggulan untuk memberangkatkannya ke luar negeri, saya juga berkeinginan untuk memajukan Kerinci ke kancah Internasional.

Dalam iven ARCHEX 2018 di Kuala Lumpur Malaysia, ALKO akan menggelar produk unggulan Kabupaten Kerinci, terutama produk unggulan Desa diantaranya adalah : Green bean Arabika Kerinci, Green bean Robusta, Bubuk Kopi Arabika Kayu Aro/Alko, Blue Korintji Coffee, Arabika Tanjung Batu/Aroma Kerinci, Punai Robusta Coffee, Cabe Merah Bubuk, Cinamon/Kayu Manis Bubuk & Stik, Bubuk Temulawak, Jahe Bubuk, Bubuk Kunyit Putih, Teh Celup Kayu Manis, Teh Daun Kopi Cinamon Tea, Bawang Goreng, Selai Sari Buah, Snack Jamur Tiram Koerintji, Snack Piscok / Sang-Co Koerintji, Snack Keripik Kentang Korintji dan Jahena.
---------------------

Share:

0 comments:

Post a Comment

KPU KOTA SUNGAIPENUH

KPU KOTA SUNGAIPENUH

Blog Archive

Support

iklan banner iklan banner