Thursday, 2 August 2018

SMKN 2 Sungaipenuh Diduga Lakukan Pungli Jutaan Rupiah Pada Siswa Baru


Sungaipenuh,Lacak - Pemerintahan Presiden Jokowi sedang gencar mensosialisasikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Selain itu juga sudah membentuk Satgas Saber Pungli untuk menghindari pungutan liar di seluruh Nusantara tidak terkecuwali di tingkat desa dan sekolah.

Namun berhembus angin tidak sedap dari pendidikan Sungaipenuh Provinsi Jambi. Kali ini informasi bersumber dari salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK 2/ STM) Sungaipenuh.

Baca Juga : Tim Saber Pungli ciduk Pelaku Pungli Penerimaan Siswa Baru

Menurut sumber  yang tidak mau namanya disebut. Menjelaskan bahwa di SMKN 2 Sungaipenuh terjadi pungutan liar terhadap para siswa baru ( Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Dan Teknik Sepeda Motor ).

Dia menyampaikan, yang memilih jurusan mesin di minta sejumlah uang.

" Yang memilih jurusan mesin di minta uang. Sebelum pengumuman hasil seleksi online, calon siswa sudah dikumpulkan. Pada saat itu Calon siswa dipastikan diterima " terangnya.

Menurut keterangan salah seorang alumni SMKN 2 inisial AD,  bahwa kejadian pungutan untuk jurusan mesin sudah lama ada di SMKN 2.

"Untuk jurusan mesin memang dari dulu ada permintaan uang dari pihak sekolah. Teman saya yang jurusan mesin waktu awal kami masuk juga disuruh bayar"Ucapnya.

Bendahara SMKN 2 Saat di konfirmasi dia tidak mau berkomentar dan meminta untuk menghubungi wakil kepala sekolah bidang humas.

" Saya tidak berhak untuk menjawabnya. Sebaiknya hubungi saja wakil bagian humas" ucapnya.

Saat di hubungi  wakil bagian humas membantah adanya pungutan tersebut. Karna rekrut siswa baru sudah sistem online. Panitia  penerimaan siswa ada 20 orang.

" Dari pihak sekolah tidak ada pungutan untuk memilih salah satu jurusan.Kalau dari oknum panitia yang minta itu kami tidak tau" ucapnya.

Ketua LSM SEMUT MERAH Aldi menyebutkan.Kalau informasi adanya pungli itu benar. Lembaganya akan menggiring pelanggaran ini ke penagak hukum.

Dia menyebutkan dalam waktu dekat akan menyurati Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, terkait adanya dugaan pungli di SMKN 2 Sungaipenuh.

"Kita akan surati Dinas Pendidikan Provinsi. Terkait adanya kabar dugaan pungli tersebut" tambahnya.(Tim)
Share:

0 comments:

Post a Comment

KPU KOTA SUNGAIPENUH

KPU KOTA SUNGAIPENUH

Blog Archive

Support

iklan banner iklan banner