Saturday, 29 September 2018

INI TAHAPAN SEMINAR DAN RAKERNAS I HKK NASIONAL




LACAK,BOGOR - PB HKK NASIONAL menyelenggarakan Seminar dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I pada  hari ini Sabtu, 29 September 2018 di Hotel Lor In Sentul, Bogor. Tema Seminar dan Rakernas adalah:

Mendorong Pariwisata & Agribisnis Sebagai Sektor Andalan

Pada acara pembukaan dihadiri oleh lebih dari 175 orang tamu undangan dan peserta utusan HKK dari seluruh Indonesia dan perwakilan Luar Negeri (Malaysia). HKK Wilayah yang hadir adalah utusan HKK Provinsi Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta-Jawa Tengah. Sedangkan HKK Daerah yang hadir adalah utusan HKK Kabupaten Bungo, Merangin, Sarolangun, Batanghari, Tanjung Jabung Timur, Muaro Jambi, Damasraya, Solok Selatan, Siak, Rokan Hilir, Batam, dan Kota Jambi. Hadir pula mewakili HKK DPC Gunung Raya. Sementara itu, perwakilan Malaysia yang hadir adalah Cahaya Kerinci dan Kerinci Bersatu.

Hadir memberikan sambutan :
1. Bupati Kerinci yang diwakili Asisten Perekonomian & Pembangunan Kabupaten Kerinci Bambang Karyadi, SP. MSi.
2. Walikota Sungai Penuh Prof. Dr. H. Asafri Jaya Bakri, MA.
3. Ketua PB HKK Nasional Brigjen (Pol) Drs. H. Syafril Nursal, SH. MH.
4. Gubernur Provinsi Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum.
Acara Seminar dan Rakernas I HKK Nasional ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Provinsi Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum. Sebelumnya dalam sambutan Bapak Gubernur menyatakan sangat mendukung acara Seminar dan Rakernas PB HKK Nasional yang secara khusus memberikan perhatian pada bidang Pariwisata dan Pertanian.

Tujuan Seminar adalah mendapatkan masukan dari sejumlah narasumber terhadap permasalahan pembangunan daerah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Hadir sejumlah narasumber :
1. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang diwakili oleh Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem yang presentasinya disampaikan oleh Ir. Listya Kusumawardhani, MSc., Direktur Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam.
2. Dirjen Perkebunan, yang diwakili oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, yang presentasinya disampaikan oleh Elvyrisma Nainggolan, STP. MP., Kasi Pemasaran Domestik.
3. Direktur Buah dan Florikultura, Direktorat Jenderal Hortikoltura Kementerian Pertanian : Dr. Drs. Sarwo Edhi, SP. MM.
4. Asdep Destinasi Regional Kementerian Pariwisata : H. Hendri Karnoza, SE. MM.
5. Kadis Pariwisata Kota Sungai Penuh : Zulwachdi, S.Pd., M.Si.
6. Kadis Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kerinci : Drs. H. Ardinal, M.Si.
7. Budayawan lokal Pemkot Pangkal Pinang : Drs. Ahmad Elvian
8. Ketua Umum Asosiasi Lari Trail Seluruh Indonesia : Lexi Ruhi

Tujuan Rakernas utamanya untuk menyiapkan rincian Program Kerja 5 Tahun (2018-2022) dan Rencana Kerja tahun 2018-2019 yang meliputi 9 Bidang/Kompartemen ditambah Kesekretariatan dan Kebendaharaan. Secara lebih rinci Rakernas bertujuan :
1. Merumuskan teknis implementasi isu strategis di daerah Kerinci dan Sungai Penuh sebagai acuan penyusunan prioritas program kerja.
2. Meningkatkan pengetahuan dan membangun profesionalisme keormasan HKK Nasional dalam upaya penguatan organisasi.
3. Optimalisasi pelaksanaan program kerja dan kegiatan HKK Nasional, dalam upaya mewujudkan fungsi dan tujuan organisasi sesuai dengan Visi dan Misi HKK Nasional.

Sistematika Rakernas dimulai dengan pembahasan Grand Strategy 20 Tahun (2018-2037) adalah sebagai berikut :

Mewujudkan HKK Nasional sebagai wadah pemersatu dan koordinasi orang Kerinci di perantauan untuk bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh mencapai Sekepal Tanah SURGA (Sejahtera-Unggul-Religius-Giat-Adil) dengan sasaran pengembangan :
1. Berkembangnya hospitality industri Pariwisata & Budaya Lokal serta industri Kreatif.
2. Kawasan pertanian unggul, pusat agrobisnis dan agroindustri;
3. Pusat pendidikan pariwisata & pertanian berkualitas tinggi di Pulau Sumatera;
4. Pusat budaya dan adat suku Kerinci yang diakui di tingkat Nasional dan Internasional;
5. Masyarakat Kerinci yang sejahtera, mandiri, rukun, damai, dan religius.

Kemudian dilakukan pembahasan melalui 3 Sidang Komisi yaitu Organisasi, Program, dan Rekomendasi. Selanjutnya dibahas dalam Paripurna Komisi untuk merumuskan Hasil Rakernas berupa :
- Program Kerja 5 Tahun (2018-2022) dan Rencana Kerja 2018 & 2019
- Rekomendasi-Rekomendasi
Demikian, Press Release Seminar & Rakernas I PB HKK Nasional.

Contact Person :
Dr. Ir. Irman Idris, M.Eng.
Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi
HP/WA: 08122008601 dan Email : irman.idris@gmail.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

Support

iklan banner iklan banner