Thursday, 27 September 2018

Pembangunan Gedung Desa Pondok Beringin Disorot


KERINCI- Pembangunan kelanjutan gedung di Desa Pondok Beringin Kecamatan Sitinjau Laut menuai pertanyaan. Kamis, (27/09/2018).

Proyek kegiatan pembangunan kelanjutan dari pembangunan gedung yang pada beberapa tahun yang lalu diberi nama Gedung Empat Jenis di Desa Pondok Beringin Kecamatan Sitinjau Laut yang masa pembangunannya disaat kepala Desa yang sebelumnya.

Hal tersebut dijelaskan oleh salah satu masyarakat Desa Pondok Beringin yang enggan disebutkan namanya menyampaiakan bahwa, gedung tersebut telah didirikan sejak beberapa tahun yang lalu pada masa jabatan kepala desa yang sebelumnya tetapi belum dapat diselesaikan.

Ditambahkannya, “gedung tersebut diberi nama berdasarkan hasil musyawarah yang dihadiri oleh seluruh unsur yang ada di Desa Pondok Beringin di Masjid Raya Nurul Ikhsan Pondok Beringin Gedung Empat Jenis. Pada saat ini pembangunan gedung tersebut dilanjutkan oleh pemerintahan Desa saat ini yang sebagai kepala Desanya adalah Mufti Alim”.

Tetapi hal yang sangat disayangkan kelanjutan pembangunan gedung tersebut menuai pertanyaan dan diduga proyek siluman. sebagaimana pantauan media ini, pembangunan tersebut tidak terpasang papan informasi atau papan nama, yang biasanya papan nama tersebut di antaranya memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek.

Pembangunan gedung tersebut di Desa Pondok Beringin Kecamatan Sitinjau Laut tidak mematuhi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Bentuk ketidak patuhan tersebut yakni tidak dipasangnya papan nama, sehingga menimbulkan tanda tanya, pasalnya proyek tersebut dibiayai oleh Dana Desa.

Kewajiban memasang plang papan nama proyek tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.

Tidak dipasangnya plang papan nama proyek tersebut bukan hanya bertentang dengan perpres. Tetapi juga tidak sesusai dengan semangat transparansi yang dituangkan pemerintah dalam Undang-undang No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

Dikonfirmasi terkait hal ini, kades Desa Pondok Beringin, Mufti Alim mengatakan,............. (*)
Share:

0 comments:

Post a Comment

KPU KOTA SUNGAIPENUH

KPU KOTA SUNGAIPENUH

Blog Archive

Support

iklan banner iklan banner